Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

Rabu, 06 Desember 2017

Pengertian Jaringan dan Macam Macam Jaringan Komputer Lengkap

Pengertian Jaringan dan Macam Macam Jaringan Komputer Lengkap-Mungkin bagi kalian yang sering menggunakan komputer terutama yang sekolahnya mengambil jusrusan TKJ sudah tidak asing lagi mendengar yang namanya Jaringan, mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan komputer dalam pekerjaan kita. Lalu apa sih sebenarnya Jaringan komputer ini  ? Jaringan adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain melalui medium transmisi atau media komunikasi sehingga mereka dapat berbagi data, aplikasi atau perangkat keras komputer sharing.

Istilah komputer jaringan itu sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari sejumlah komunikasi terminal terdiri dari dua atau lebih komputer terhubung. Tujuannya adalah agar membangun jaringan komputer informasi/data yang membawa pengirim (pemancar) dapat mencapai penerima (Penerima) dengan tepat dan akurat.

Jaringan komputer memungkinkan pengguna mereka dapat berkomunikasi dengan satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran jaringan komputer in juga sangat diperlukan untuk mengintegrasikan data antara komputer klien dan server sehingga dapat menghasilkan terminologi data yang relevan.
Manfaat dari jaringan komputer :

-Manfaat dari Jaringan komputer yaitu: kita dapat mengakses file yang  kita miliki sekaligus file lain yang telah diseberluaskan melalui jaringan, seperti internet.
-Melalui jaringan komputer juga kita dapat melakukan proses pengiriman atau penerimaan data dengan cepat dan efisien.
-Jaringan komputer membantu seseorang berhubungan dengan orang lain dari negara yang berbeda dengan mudah.
-Selain itu, pengguna juga dapat mengirim teks, Gambar, audio, dan video secara real time dengan bantuan jaringan komputer.
-Kita dapat mengakses berita atau informasi dengan sangat mudah melalui internet karena internet adalah salah satu contoh dari jaringan komputer.
-Misalnya, bahwa di kantor memerlukan printer, kita tidak perlu membeli printer untuk sejumlah komputer di kantor. Kami hanya membeli satu printer hanya untuk digunakan oleh semua karyawan kantor dengan bantuan jaringan komputer.

Semua jenis jaringan komputer

Umum jaringan komputer dalam kelompok menjadi lima kategori, berdasarkan sebaran geografi, berbagai sumber informasi/data, medium transmisi data, peran dan hubungan setiap komputer dalam proses data, dan berdasarkan jenis topologi yang digunakan. Berikut ini adalah terjemahan lengkap:
A. Berdasarkan Kisaran Geografis

1. Jaringan LAN
Jaringan Area lokal atau LAN sering disingkat dengan jaringan yang mencakup hanya merupakan daerah kecil, seperti kafe, kantor atau sekolah. Umumnya LAN jaringan luas area tidak jauh dari alun-alun 1 km. Biasanya jaringan LAN yang menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang memiliki kecepatan transfer data 10, 100, 1000 MB/s bahkan. Selain menggunakan teknologi Ethernet, tidak sedikit orang juga menggunakan teknologi nirkabel Wi-Fi jaringan LAN.

2. Jaringan MAN


Metropolitan Area Network atau jaringan yang meliputi manusia adalah sebuah kota dengan memberikan kecepatan transfer data yang tinggi. Diperdebatkan, Jaringan manusia adalah kombinasi dari beberapa jaringan LAN. Jangakauan jaringan manusia berkisar 10-50 km. manusia memiliki hanya satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan beralih elemen yang berfungsi untuk membuat draft menjadi lebih sederhana.

3. Jaringan WAN

Wide Area Network atau WAN jaringan bahwa lingkup mencakup wilayah geografis yang luas, seperti negara bahkan benua. JAringan WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal yang berbeda sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan pengguna lain.
B. Berdasarkan distribusi sumber Data/Informasi

1. Terpusat Jaringan
Jaringan terpusat adalah sebuah jaringan yang terdiri dari komputer klien dan server yang dimana komputer klien yang melayani sebagai perantara dalam mengakses sumber-sumber informasi/data yang berasal dari komputer server.

2. Terdistribusi Jaringan
Jaringan ini merupakan hasil perpaduan beberapa terpusat jaringan sehingga memungkinkan beberapa komputer server dan klien saling berhubungan untuk membentuk sistem jaringan.
C. Berdasarkan medium transmisi Data

1. Kabel Jaringan (jaringan kabel)
Media transmisi data yang digunakan dalam berbagai jaringan kabel. Kabel-kabel yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain agar dapat saling bertukar informasi/data atau terhubung ke internet. Salah satu medium transmisi digunakan dalam jaringan kabel kabel UTP.

2. Wireless Network (jaringan nirkabel)
Dalam jaringan ini mengambil gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi data. Berbeda dengan jaringan kabel (jaringan kabel), Jaringan tidak menggunakan kabel untuk bertukar informasi/data dengan komputer lain tetapi menggunakan gelombang elektromagnetik untuk mengirim sinyal informasi/data antara komputer dengan komputer lain. Nirkabel adapter, medium transmisi satu digunakan dalam jaringan nirkabel.
D. Berdasarkan peran dan hubungan masing-masing komputer dalam proses Data
Klien-server model

1. Klien-Server Jaringan
Jaringan terdiri dari satu atau lebih komputer server dan komputer klien. Biasanya terdiri dari satu server komputer dan komputer klien. Komputer server adalah bertanggungjawab atas penyediaan data sumber daya, sementara komputer klien hanya dapat menggunakan sumber daya data ini.

2. Rekan Rekan Jaringan
Di jaringan ini, setiap komputer, baik itu komputer server atau komputer klien memiliki yang sama posisi. Jadi, komputer server dapat komputer klien, komputer klien dan sebaliknya juga bisa menjadi komputer server.
E. Berdasarkan topologi jaringan

Salah satu jenis topologi (bus topologi)
Adalah bentuk jaringan komputer topologi/struktur jaringan yang menghubungkan komputer ke satu sama lain.
Mungkin hanya itu artikel mengenai Pengertian Jaringan dan Macam Macam Jaringan Komputer, untuk selanjutnya silahkan baca Artikel Mengenai Macam Macam Router
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Jaringan dan Macam Macam Jaringan Komputer Lengkap

0 komentar:

Posting Komentar