Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

Selasa, 21 Juni 2016

Contoh-Contoh Sistem Operasi komputer

kali ini saya akan membahas tentang macam macam system operasi , sebelumnya saya juga sudah mempostingkan pengertian System Operasi dan fungsinya pada komputer. Langsung saja ke pempbahasan.

Di masa sekarang banyak sekali system operasi pada komputer dan macam macam diantaranya adalah sebagai berikut : 


1. Windows (Microsoft Windows)
Mircorost Windows atau biasa kita sebut dengan Windows adalah System Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI (Graphical User Interface). Dapat dikatakan bahwa system operasi Microsoft Windows mendominasi dunia komputer. Penggunaan icon atau gambar sebagai antarmuka (interface) membuat system operasi ini begitu mudah digunakan. System operasi ini bersifat multitasking dan multiuser. Tidak heran, system operasi Microsoft Windows sangat digemari. Bahkan, hingga saat ini.

Telah lahir berbagai versi system operasi Microsoft Windows, Generasi pertama system operasi Microsoft Windows adalah Microsoft Windows 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selanjutnya Microsoft Windows 3.1 yang dirilis pada tahun 1992, Microsoft Windows NT tahun 1993, Microsoft Windows 95 tahun 1995, Microsoft Windows 98 tahun 1998, Microsoft Windows 2000 tahun 2000, dan Microsoft Windows XP yang dirilis pada tahun 2001, serta Microsoft Windows Vista yang dirilis pada tahun 2007, dan masih banyak lagi versi-versi yank lain.

Versi terbaru dari microsoft windows adalah Windows 10 yang dirilis pada tanggal 29 juli 2015 yang mana pada saat ini  banyak sekali di gunakan oleh para pengguna komputer, karna dengan tampilan yang simple dan keren semua yang kita butuhkan bisa di tampilkan di walpaper/layar dasar.

2. Windows Mobile
System operasi Windows Mobile adalah System Operasi yang dibuat oleh Microsoft untuk peralatan bergerak (mobile). Pertama kali Windows Mobile muncul sebagai system operasi Pocket PC 2000, sebagaian besar perangkat yang menggunakan Windows Mobile memiliki stylus pen yang digunakan sebagai alat untuk memberi perintah, dengan cara menyentuhkan stylus pen tersebut pada layar.

3. Linux
System Operasi Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX). System operasi ini juga terkenal dan banyak orang yang menggunakannya. Linux disusun berdasarkan standar System Operasi POSIX yang diturunkan dari UNIX itu sendiri. Ada beberapa macam Distro Linux, diantaranya seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, RedHat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, dan Ubuntu.

4. Mac OS
Mac OS-singkatan dari Macintosh Operating System, Mac OS adalah system operasi komputer yang dibuat oleh Apple, komputer khusus untuk komputer Macintosh, dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Mac OS diperkenalkan pada tahun 1984, dan sejak tahun 2006 Mac OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC dan x86.

Versi terbarunya adalah Mac OS X dari system operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. System operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari system operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9.

5. Unix
UNIX adalah system operasi yang pertama kali dirilis. Unix adalah “orangtua” dari system operasi Linux.

Kelebihan Unix :

- Open Source (FREE alias Gratis)

- Tersedia program pendukung untuk multimedia (built in)

- Desain desktop oke punya.


Kekurangan Unix :

-Pengguna pemula pasti binggung karena sangat berbeda dengan Windows yang familiar

-Extensi file (format) yang didukung terbatas

-Tingkat kompatibilitas perangkat lunak rendah


6. MS-DOS

MS-DOS-Singkatan dari Microsoft Disk Operating System, MS-DOS adalah system operasi baris perintah non-grafis yang berasal dari 86-DOS yang telah dibuat untuk komputer yang kompatibel IBM. MS-DOS awalnya ditulis oleh Tim Paterson dan diperkenalkan oleh Microsoft pada bulan Agustus 1981 dan terakhir diperbarui pada tahun 1994 ketika MS-DOS 6.22 dirilis. MS-DOS memungkinkan pengguna untuk menavigasi, terbuka, dan memanipulasi file di komputer mereka dari baris perintah dan bukan GUI seperti Windows. Baca Juga perbedaan antara GUI dan CLI


7. Android

adalah system operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android awalnya dikembangkan oleh Android, Inc, dengan dukungan finansial dari Google, yang kemudian membelinya pada tahun 2005. Sistem operasi ini dirilis secara resmi pada tahun 2007, bersamaan dengan didirikannya Open Handset Alliance, konsorsium dari perusahaan-perusahaan perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi yang bertujuan untuk memajukan standar terbuka perangkat seluler. Ponsel Android pertama kali dijual di pasaran pada bulan Oktober tahun 2008.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Contoh-Contoh Sistem Operasi komputer

2 komentar: