Komputer | Perangkat Keras Komputer | Perangkat Lunak | Cara Mempercepat Koneksi Internet | Modul TKJ Lengkap | Service Komputer | Sejarah Komputer | Sejarah Internet | Sistem Operasi | Jaringan Komputer | Password Wifi id Gratis

Senin, 04 Desember 2017

Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya

Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya-Sebelumnya saya sudah menjelaskan mengenai Pengertian Router dan Fungsi Router dan pada kesempatan kali ini insya allah saya akan menjelaskan mengenai Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya. Sebenarnya ada berapa sih Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya itu ? Langsung saja ya kita bahas, 
Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya :
 

A. jenis Router jenis berdasarkan mekanisme
Secara umum, perangkat router ini terbagi menjadi dua tipe: statis dan dinamis  router.
 
1. Statis Router
 
Router statis atau statis router adalah router yang memiliki tabel routing dengan kondisi statis dengan settingan manual dari administrator jaringan 
.
Keuntungan dari menggunakan Router statis :
Keuntungan dari menggunakan router statis adalah administrator, dimana administrator dapat memilih sebuah router yang dapat dilalui dan tidak akan diberikan. Hal ini membuat proses routing dapat dilakukan secara eksplisit oleh administrator sehingga proses routing dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, dan dapat dilakukan setiap saat, tanpa persyaratan tertentu. Penggunaan tabel routing statis pada router administrator membuatnya mudah untuk melakukan proses routing.
Pengguna dapat melakukan pertanyaan atau permintaan terhadap akses routing dari administrator, sehingga tidak tergantung dari proses routing.

Kelemahan menggunakan Router statis
-Administrator harus memahami tentang sistem itu dan juga perintah/comand terhadap tabel routing.
-Harus menjadi sebuah jaringan ahli yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam bidang routing sehingga routing statis dapat bekerja dengan optimal.
-Kemampuan administrator membuat tabel routing baru sangat diperlukan, terutama ketika memiliki untuk menghapus atau menambah jalan routing. Tidak ada dukungan dalam jaringan sibuk, luas dan banyak digunakan oleh pengguna/User.

2. Dinamis Router
 
Dinamis router atau router dinamis adalah sebuah router dengan dynamic memiliki tabel routing dengan kondisi dynamic yang dilakukan dengan membaca jaringan lalu lintas dan dapat saling berhubungan dengan beberapa router lain.
 
Keuntungan dari menggunakan Router dinamis
Praktis dan lebih efisien, karena dinamis router dapat bekerja secara otomatis,
Administrator pekerjaan lebih ringan dan lebih mudah, dan administrator tidak memiliki untuk memahami pembentukan tabel routing.
Kuat dukungan digunakan untuk kebutukan jaringan yang besar, luas dan sibuk.

Kelemahan menggunakan Router Dimanis
Router dinamis bekerja secara otomatis, hal ini membuat kita tidak dapat mengendalikan kemana jaringan akan pergi.

3. Wireless Router

 
Wireles Router menjalankan tidak didasarkan pada router router statis atau dinamis. Wireless router berjalan tanpa menggunakan sambungan kabel dan nirkabel mengandalkan perantara yang menggunakan udara. Aplikasi wireless router di era modern ini sangat banyak digunakan karena memberikan kemudahan penggunaannya.
 
Keuntungan menggunakan Router nirkabel
-Dapat berjalan sangat baik seperti router statis atau dinamis router
-Tidak memerlukan kabel, sehingga mudah dalam instalasi
-Dapat digunakan sebagai titik akses, sehingga mudah untuk menghubungkan dengan laptop, notebook, smartphone dan perangkat komputer atau perangkat yang memiliki fitur wifi.
-Dapat dipasang di mana saja
-Cukup 1 modem untuk beberapa pengguna komputer

B. jenis jenis Router yang didasarkan pada aplikasi
Terlepas dari mekanisme, berdasarkan jenis router terbagi menjadi tiga pengaturan lainnya, yang didasarkan pada aplikasi. Mari kita periksa apa makeup dari yang tiga tersebut.
 
1. Router PC

Router adalah sebuah sistem operasi PC yang memiliki fasilitas berbagi yang dapat membagi alamat IP. Router PC jenis router yang berasal dari komputer, yang mana komputer ini dibuat sedemikian rupa agar dapat berfungsi sebagai router. Di bidang manufaktur, komputer tidak perlu memiliki spesifikasi tinggi.

Spesifikasi komputer minimal untuk router PC ini adalah pentium II dengan 10 GB harddisk dan RAM 64. Spesifikasi seperti ini sudah dapat digunakan sebagai router melalui proses instalasi sistem operasi khusus. Jenis router adalah sebuah PC yang umum digunakan beroperasi pada Mikrotik.
 
2. Router Hardware/Perangkat Keras

Router perangkat keras adalah sistem perangkat yang dapat digunakan dan juga menggunakan asli router, ynag mana Router Perangkat keras atau Hardware dalam melakukan hal yang sama sebagai router termasuk split, memancarkan, dan mensharing alamat IP.
 
3. Router Software/Aplikasi Router

Router Software adalah jenis router aplikasi yang ditemukan pada aplikasi yang dapat diinstal pada sistem operasi sehingga sistem operasi akan mempunyai kemampuan seperti router, termasuk SpyGate WinProxy, WinRoute, dan WinGate.

Berdasarkan mekanisme transmisi atau pengiriman, data perouteran dibagi menjadi dua jenis router routing yaitu langsung dan tidak langsung. Perbedaannya adalah Routing langsung adalah tipe routing yang digunakan untuk membuat transmisi data dari satu router melalui IP. Ini berarti bahwa transmisi data dapat dilakukan melalui alamat IP8 tanpa harus melalui host,
Routing tidak langsung, hal-hal lain dengan routing tipe dimana transmisi data yang dikirim ke host lain harus lulus pertama sebelum dan kemudian mendapatkan ke tujuan.
 
Mungkin hanya itu pembahasan yang dapat saya sampaikan mengenai Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya. Terima kasih sudah berkunjung di blogg saya. _Share and comment below (Bagikan dan komen di bawah)
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Jenis Router Berdasarkan Mekanisme dan Pengaplikasiannya

0 komentar:

Posting Komentar